1. Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring
sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang
dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012, Facebook
memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan
bergerak. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini.
Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna
lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis
ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung
dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan
tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan
mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan
Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama
teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin,Dustin
Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya
terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di
Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara
perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk
siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia
minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan
Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook
dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan
situs ini.
Pengguna dapat membuat
profil dilengkapi foto, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan
informasi pribadi lain. Pengguna dapat berkomunikasi dengan teman dan pengguna
lain melalui pesan pribadi atau umum dan fitur obrolan. Mereka juga dapat
membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan "halaman kesukaan"
(dulu disebut "halaman penggemar" hingga 19 April 2010), beberapa di
antaranya diurus oleh banyak organisasi dengan maksud beriklan.
Untuk mencegah keluhan
tentang privasi, Facebook mengizinkan pengguna mengatur privasi mereka dan
memilih siapa saja yang dapat melihat bagian-bagian tertentu dari profil
mereka. Situs web ini gratis
untuk pengguna dan mengambil keuntungan melalui iklan seperti iklan spanduk. Facebook membutuhkan nama pengguna dan
foto profil (jika ada) agar dapat diakses oleh setiap orang. Pengguna dapat
mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi yang mereka bagikan, juga
menemukannya melalui pencarian dengan memanfaatkan pengaturan privasi
2.
Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang
dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring
sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk
mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan
adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil
pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi
pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat
kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui
situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau
dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini
berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini
pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio,
Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter
telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari
100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai
"SMS dari internet".
Konten Dalam Twitter
Laman Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan
oleh orang-orang yang menjadi teman kita. Halaman utama disebut juga
sebagai Timeline
Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang
mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita
sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan
seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
Mengikuti(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang
mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti
tersebut masuk ke dalam halaman utama.
Gamitan (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar
sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh
halaman sebelumnya.
Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa
disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa
ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang
dikirimi pesan.
Tagar (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna
lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
Senarai (List)
Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam
satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara
keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).
Topik Hangat (Trending Topic)
Secara garis besar adalah topik yang sedang banyak
dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan. Kemudian secara
spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai dengan tagar (#) yang
dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul dalam jumlah daripada
kata, frase atau yang ditandai dengan tagar lainnya, hal ini biasa dikatakan
menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi populer baik
yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu peristiwa yang
mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal tertentu tersebut. Topik-topik
tersebut membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa yang terjadi di
dunia.
3. Blog
Blog merupakan singkatan dari web log
adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai
tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman
web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi
terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak
selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua
pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna
blog tersebut.
Jenis-jenis blog
- Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
- Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
- Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
- Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
- Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
- Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
- Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
- Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
- Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
- Blog agama: Membahas tentang agama
- Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
- Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
- Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
- Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
- Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
- Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia
untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk
mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog
dirawat (mengganti template) atau menambah artikel.
4. Games Online
Permainan Daring (Online Games) adalah
jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet),
sebagai medianya. Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan
dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem
yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut.
Permainan daring terdiri dari banyak jenis, dari mulai permainan
sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik kompleks
dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain sekaligus.
Dalam permainan daring, ada dua unsur utama, yaitu server dan client. Server melakukan
administrasi permainan dan menghubungkan client, sedangkan client adalah
pengguna permainan yang memakai kemampuan server.
Berdasarkan Jenis Permainan
- Massively Multiplayer Online First-person shooter games'''(MMOFPS)
Permainan ini mengambil pandangan orang pertama sehingga
seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh
karakter yang dimainkan, di mana setiap tokoh memiliki kemampuan yang berbeda
dalam tingkat akurasi, refleks, dan lainnya. Permainan ini dapat
melibatkan banyak orang dan biasanya permainan ini mengambil setting peperangan
dengan senjata-senjata militer. Contoh permainan jenis ini antara lain Counter
Strike, Call of Duty, Point Blank, Quake, Blood, Unreal.
- Massively Multiplayer Online Real-time strategy games'''(MMORTS)
Permainan jenis ini menekankan kepada kehebatan strategi
pemainnya. Permainan ini memiliki ciri khas di mana pemain harus mengelola
suatu dunia maya dan mengaturstrategi dalam waktu apapun. Dalam RTS, tema
permainan bisa berupa sejarah (misalnya seri Age of Empires),
fantasi (misalnya Warcraft), dan fiksi ilmiah (misalnya Star
Wars)
- Massively Multiplayer Online Role-playing games'''(MMORPG)
Sebuah permainan di mana pemainnya memainkan peran
tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. RPG
biasanya lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Pada
umumnya dalam RPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok. Contoh dari genre
permainan ini Ragnarok Online,The Lord of the Rings Online: Shadows of Angmar, Final
Fantasy, DotA.
- Cross-platform online play
Jenis permainan yang dapat dimainkan secara online dengan
perangkat yang berbeda. Saat ini mesin permainan konsol (console
games) mulai berkembang menjadi seperti komputer yang dilengkapi dengan
jaringan sumber terbuka (open source networks), seperti Dreamcast, PlayStation
2, dan Xbox yang memiliki fungsi online. misalnya Need for Speed
Underground, yang dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox
360.
- Massively Multiplayer Online Browser Game
Permainan yang dimainkan pada peramban seperti Mozilla
Firefox, Opera, atau Internet Explorer. Sebuah permainan daring
sederhana dengan pemain tunggal dapat dimainkan dengan peramban melalui HTML dan
teknologi scripting HTML (JavaScript, ASP, PHP, MySQL).
Perkembangan teknologi grafik berbasis web seperti Flash dan Java menghasilkan
permainan yang dikenal dengan "Flash games" atau "Java
games" yang menjadi sangat populer. Permainan sederhana seperti Pac-Man bahkan
dibuat ulang menggunakan pengaya (plugin) pada sebuah halaman
web. Browser games yang baru menggunakan teknologi web seperti Ajax
yang memungkinkan adanya interaksimultiplayer.
- Simulation games
Permainan jenis ini bertujuan untuk memberi pengalaman melalui simulasi.
Ada beberapa jenis permainan simulasi, di antaranya life-simulation
games, construction and management simulation games, dan vehicle
simulation. Pada life-simulation games, pemain bertanggung
jawab atas sebuah tokoh atau karakter dan memenuhi kebutuhan tokoh selayaknya
kehidupan nyata, namun dalam ranah virtual. Karakter memiliki kebutuhan dan
kehidupan layaknya manusia, seperti kegiatan bekerja, bersosialisasi, makan, belanja,
dan sebagainya. Biasanya, karakter ini hidup dalam sebuah dunia virtual yang
dipenuhi oleh karakter-karakter yang dimainkan pemain lainnya. Contoh
permainannya adalah Second Life.
- Massively multiplayer online games (MMOG)
Pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100
pemain), di mana setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia
nyata. MMOG muncul seiring dengan perkembangan akses internet broadband di negara
maju, sehingga memungkinkan ratusan, bahkan ribuan pemain untuk bermain
bersama-sama. MMOG sendiri memiliki banyak jenis seperti:
- MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game)
- MMORTS (Massively Multiplayer Online Real-Time Strategy)
- MMOFPS (Massively Multiplayer Online First-Person Shooter)
- MMOSG (Massively Multiplayer Online Social Game)
Berdasarkan Grafis
- 2 Dimensi (2D)
Permainan yang mengadopsi teknologi ini biasanya termasuk
permainan yang ringan dan tidak membebani sistem. Kelemahan permainan ini
adalah kualitas gambar yang kurang enak dilihat jika dibandingkan dengan
permainan 3D.
- 3 Dimensi (3D)
Permainan bertipe 3D memiliki grafik yang lebih
baik dalam penggambaran sehingga mirip dengan realita.
Berdasarkan Cara Pembayaran
- Pay to Play
Jenis permainan di mana pemain harus membayar sejumlah uang
untuk bermain.
- Free to Play
Jenis permainan ini tidak membebankan pemain dengan biaya
apapun, sehingga dapat dimainkan langsung secara cuma-cuma.
Dampak Positif
- Melalui jaringan internet, memungkinkan pemain untuk melakukan sosialisasi virtual tanpa dibatasi ruang dan waktu. Bukan hal langka lagi ketika seorang pemain permainan daring menjalin hubungan pertemanan bahkan pernikahan yang bermula dari bermain game online bersama.
- Permainan daring seringkali menuntut pemainnya untuk menyusun strategi dalam waktu singkat sehingga permainan yang tepat dapat melatih respon dan kecepatan berpikir seseorang. Hasil penelitian University of Rochester di New York, Amerika menyebutkan bahwa para pemain memiliki fokus yang lebih terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang jarang main game, apalagi yang tidak main sama sekali.
- Permainan daring jika dimanfaatkan dapat membuka peluang bisnis dan lahan mandapatkan penghasilan tambahan. Misalnya saja dengan menjadi pengusaha game centre, berjualan voucher permainan, atau bahkan melakukan transaksi jual beli melalui permainan.
Dampak Negatif
- Sosialisasi fisik berkurang, karena pemain lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi di dunia maya.
- Permainan daring dimainkan melalui komputer, yang mengeluarkan spektrum cahaya yang dapat merusak mata jika dipandangi terus-menerus tanpa istirahat.
- Beberapa permainan daring memerlukan biaya untuk memainkannya, misalnya dalam kategori permainan pay-to-play atau sekedar biaya penyewaan komputer di warnet atau game centre. Apabila tidak diorganisir dengan baik, permainan daring dapat menghabiskan biaya cukup besar.
- Permainan daring dapat mengacaukan manajemen waktu jika tidak diatur dengan baik. Banyak kasus di mana pemain yang kecanduan permainan daring bermain hingga lupa waktu dan melalaikan segala tanggung jawab dan pekerjaannya di dunia nyata, seperti bolos sekolah.
EmoticonEmoticon
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.