Tutorial membuat rumah dengan blender

Tutorial membuat perumahan sederhana dengan menggunakan blender.langkah pertama buka blender yang telah terinstal di laptop anda,disini saya menggunakan blender versi 2.62.
Setelah masuk di interface blender langkah selanjutnya adalah scale objek cube yang sebelumnya telah ada, scale objek  terhadap sumbu X, Y atau Z sesuai model yang diinginkan,

Selanjutnya copy objek yang sebelumnya telah anda buat dengan cara tekan tombol shift+D tarik ke sumbu Y seperti gambar berikut :

Selanjutnya copy salah satu objek seperti langkah sebelumnya  (shift+D )kemudian rotasi terhadap sumbu x sebesar 90 derajat, dan atu besar objeknya dengan cara tekan tombol s+x atau s+y atau s+z sesuai bentuk yang diinginkan,berikut tampilannya :

Ulangi langkah seperti sebelumnya hingga menjadi bentuk seperti ini :




Seperti langkah sebelumnya tinggal copy pati objek dan atur bentu hingga membentuk seperti gambar dibawah ini :
       

Selanjutnya kita akan membuat segitiga untuk rumahnya sebagai tumbuan atapnya, berikut caranya : Pertama klik bidang objek yang akan dibuat segitiga :

    
 Kemudian masuk ke menu edit mode yang ada dibawah :

     

Kemudian klik CTRL+R arahkan mouse pada objek hingga muncul garis warna ungu, kemudian klik di tengah dari objek dan garis akan berubah warna menjadi kuning  seperti gambar berikut :
     
Kemudian drag terhadap sumbu z sesuai dengan bentuk yang anda inginkan maka akan membentuk sebuah segitiga, kemudian copy pastekan objek yang telah dibuat terhadap sumbu y untu mempercepat pembuatan hingga tampil seperti gambar dibawah ini :


Selanjutnya kita akan membuat atapnya, caranya copy salah satu objek, kemudian drag terhadap sumbu z lalu di rotasi (tekan R+Y) terhadap sumbu y :

Atur rotasi bidang tersebut disesuaikan dengan bidang segitiga yang telah dibuat sebelumnya, hingga terbentuk atap yang seperti ini :

setelah semua dirasa sudah cukup selanjutnya kita akan membuat jendela dan pintunya, caranya seleksi salah satu objek atau bidang yang akan di buat jendela dan pintunya seperti langkah sebelumnya,masuk ke edit mode klik CTRL+R arahkan mouse ke bidang yang diseleksi tersebut hingga mucul garis warna ungu     

kemudian scroll hingga membentuk beberapa garis vertikan kemudian ulangi seperti langkah sebelumnya  untuk membentuk garis horizontal seperti gambar dibawah ini :


Kemudian atur disesuaikan dengan bentuk jendela dan pintu yang ingin dibuat, seperti contoh berikut :

Setelah diseleksi kemudian tekan E (extrude) tarik keluar terhadap sumbu x hingga membentuk timbul bentuk jendela dan pintu.
Kemudian membuat bidang yang lain, gunakan langkah seperti membuat jendela dan pintu seperti sebelumnya ,

Berikut tampilan output rumah yang telah kita buat :




   


Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.