Setelah masuk di interface blender langkah selanjutnya
adalah scale objek cube yang sebelumnya telah ada, scale objek terhadap sumbu X, Y atau Z sesuai model yang
diinginkan,
Selanjutnya copy objek yang sebelumnya telah anda buat
dengan cara tekan tombol shift+D tarik ke sumbu Y seperti gambar berikut :
Selanjutnya copy salah satu
objek seperti langkah sebelumnya (shift+D
)kemudian rotasi terhadap sumbu x sebesar 90
derajat, dan atu besar objeknya dengan cara tekan tombol s+x atau s+y atau s+z
sesuai bentuk yang diinginkan,berikut tampilannya :
Ulangi langkah seperti sebelumnya
hingga menjadi bentuk seperti ini :
Seperti langkah sebelumnya
tinggal copy pati objek dan atur bentu hingga membentuk seperti gambar dibawah
ini :
Selanjutnya kita akan membuat
segitiga untuk rumahnya sebagai tumbuan atapnya, berikut caranya : Pertama klik
bidang objek yang akan dibuat segitiga :
Kemudian masuk ke menu edit mode yang ada
dibawah :
Kemudian klik CTRL+R arahkan
mouse pada objek hingga muncul garis warna ungu, kemudian klik di tengah dari
objek dan garis akan berubah warna menjadi kuning seperti gambar berikut :
Kemudian drag terhadap sumbu
z sesuai dengan bentuk yang anda inginkan maka akan membentuk sebuah segitiga, kemudian copy pastekan objek yang telah dibuat terhadap sumbu y untu mempercepat pembuatan hingga tampil seperti gambar dibawah ini :
Selanjutnya kita akan membuat atapnya, caranya copy salah
satu objek, kemudian drag terhadap sumbu z lalu di rotasi (tekan R+Y) terhadap
sumbu y :
Atur rotasi bidang tersebut disesuaikan dengan bidang
segitiga yang telah dibuat sebelumnya, hingga terbentuk atap yang seperti ini :
setelah semua dirasa sudah cukup selanjutnya kita akan
membuat jendela dan pintunya, caranya seleksi salah satu objek atau bidang yang
akan di buat jendela dan pintunya seperti langkah sebelumnya,masuk ke edit mode klik CTRL+R arahkan mouse ke bidang yang
diseleksi tersebut hingga mucul garis warna ungu
kemudian scroll hingga
membentuk beberapa garis vertikan kemudian ulangi seperti langkah
sebelumnya untuk membentuk garis
horizontal seperti gambar dibawah ini :
Kemudian atur disesuaikan dengan bentuk jendela dan pintu yang ingin
dibuat, seperti contoh berikut :
Setelah diseleksi kemudian tekan E (extrude) tarik keluar
terhadap sumbu x hingga membentuk timbul bentuk jendela dan pintu.
Kemudian
membuat bidang yang lain, gunakan langkah seperti membuat jendela dan pintu
seperti sebelumnya ,
Berikut tampilan output rumah yang telah kita buat :
1 komentar:
Write komentargood banget gan
ReplyEmoticonEmoticon
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.